oleh

Anggota DPR Vanda Sarundajang Janji Perjuangkan Penambahan Kuota Beasiswa di Sulut

Minahasa, Komentaren.net – Vanda Sarundajang anggota Komisi X DPR dari PDI Perjuangan berjanji akan memperjuangkan penambahan kuota beasiswa kepada masyarakat di Sulawesi Utara termasuk di Tondano.

Ia menyatakan hal tersebut saat mengunjungi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tondano, Sulawesi Utara, Kamis (28/7/2022).

Vanda mengatakan, di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada satu program unggulan di Pemerintahan Presiden Jokowi yakni beasiswa.

Ia menuturkan, selama ini beasiswa itu sangat terbatas khususnya di Sulawesi Utara apalagi di Kabupaten Minahasa.

“Karena kebetulan saya duduk di Komisi X yang bermitra kerja dengan Kemendikbud Ristek maka saya akan memperjuangkan untuk menambah kuota beasiswa kepada masyarakat yang ada di Sulawesi Utara termasuk di Tondano,” Vanda menegaskan.

Dia mengaku, dirinya sudah beberapa tahun ini berjuang di Komisi X DPR untuk menambah kuota beasiswa untuk Sulawesi Utara.

“Bantuan beasiswa ini ada program reguler itu usulan dari pemerintah tetapi juga ada program yang disebut program pemangku kepentingan aspirasi dari anggota Komisi X DPR,” ia mengungkapkan.

Ia menambahkan, untuk tahun ini di Sulawesi Utara terdapat sekitar 50 sampai 75 ribu untuk kuota bantuan pendidikan. Tahun ini ia mengaku tidak tahu angka persisnya namun sedikitnya 100 ribu siswa untuk seluruh jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang mendapat bantuan bantuan beasiswa dari pemerintah pusat dan setiap tahun diupayakan meningkat.

“Selain beasiswa untuk anak-anak wajib sekolah ada juga untuk kuliah bagi mahasiswa yang disebut program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Ini juga merupakan program unggulan dari Kemendikbud Ristek yang langsung mengena kepada siswa itu sendiri,” ia menyebutkan.

Vanda menambahkan, semua program Pemerintah Jokowi untuk mencegah putus sekolah apalagi di masa pandemi selama dua tahun lalu banyak ditemukan angka putus sekolah anak melonjak tinggi termasuk di Sulawesi Utara.

Dia menyebutkan, bantuan beasiswa untuk anak SD sebesar Rp 450.000, SMP Rp750.000, SMA dan SMK sebesar Rp 1.000.000.

“Semua itu harus diterima bersih kepada siswa, Jangan ada alasan untuk bayar administrasi di bank atau untuk pihak sekolah tanpa persetujuan orang tua,” ia menegaskan.(nes)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *