oleh

All Out Atasi Persoalan TPA Sumompo, Andrei Angouw Sumbang Alat Berat

Manado, Komentaren.net – Cara Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatasi permasalahan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sumompo, patut diacungi jempol. Begitu dilantik, Angouw langsung all out bekerja mengatasi masalah klasik tersebut.

Diawali dengan turun langsung menemui pengeruk sampah (operator excavator) di lokasi gundukan sampah TPA Sumompo, Wali Kota Angouw langsung action dengan melakukan penambahan alat berat.

Hal itu dilakukannya setelah mendengar langsung keluhan pengeruk sampah di TPA Sumompo, bahwa pengerukan sampah tidak bisa maksimal karena kekurangan alat berat berupa escavator dan dozer. Hal inilah yang memicu terjadinya antrian truk sampah untuk membuang sampah di TPA.   

Tak tanggung-tanggung, selain berupaya meminjam alat berat dari instansi terkait, Wali Kota Andrei Angouw juga tak segan-segan mengucurkan bantuan pribadi, berupa pengadaan alat berat di TPA Sumompo.

Hal ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Franky Porawouw, Rabu (19/05/2021) kepada wartawan.  

“Kamis rencananya akan ketambahan sumbangan alat berat dari Walikota. Dan ini merupakan bantuan pribadi wali kota,” ungkap Porawouw. Dijelaskannya, untuk saat ini telah diberdayakan empat alat berat di TPA Sumompo.

Alat berat itu pinjaman dari Dinas PU Manado, PU Provinsi Sulut serta dua lainnya milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dan akan ketambahan lagi dari sumbangan Wali Kota Angouw. Hal itu dilakukan agar proses pengerukan dan penataan di lokasi sampah yang sudah menggunung bisa lebih cepat, sehingga tidak berdampak terjadinya antrian bagi truk yang membuang sampah di TPA.

Selain itu, Porawouw juga mengatakan, pihaknya di DLH Manado akan mengadakan alat berat baru dan itu sedang berproses. “Ada tiga (alat berat) kalau tidak salah. Dua buah excavator dan satu dozer. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada,” harapnya.

Penanganan sampah yang sering dikeluhkan masyarakat Kota Manado memang menjadi salah satu prioritas Pemerintahan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS). Hal itu bahkan sudah digaungkan AARS sejak mendeklarasikan diri untuk maju di Pilkada Manado 2020.

Dan komitmen itu diperlihatkan AARS yang sejak dilantik langsung all out mencari solusi permasalahan di TPA Sumompo maupun soal pembuangan dan penanganan sampah di tengah masyarakat.

Angouw dalam sambutannya pada rapat kerja perdana bersama ASN Pemkot Manado menegaskan, visi Pemerintahan AARS adalah membuat Kota Manado Maju dan Sejahtera. Dia juga menegaskan agar seluruh pejabat dan ASN mendukung program Pemkot Manado, termasuk di dalamnya dalam menangani sampah.

Angouw juga dalam beberapa kali kesempatan mengingatkan, agar jajarannya bekerja seoptimal mungkin, karena mereka (pemerintah) hadir untuk melayani masyarakat. (sbr/*)