oleh

Adakan Pelatihan Aplikasi BLC Bagi Bhabinkamtibmas, Ini Harapan Kapolres Minahasa

Minahasa, Komentaren.net – Polres Minahasa adakan pelatihan operator aplikasi BLC (Bersatu Lawan Covid ), bagi 75 porsonil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtimas) Polisi Resort (Polres) Minahasa, Selasa (24/4/2021)di ruang Sidang Mako Polres Minahasa.

Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey SIK Msi, didampingi Waka Polres Kompol Ahmad Sotrisno SE, dalam arahannya mengharapkan kesigapan dari seluruh porsonil anggota Babinkamtibmas yang ada diseluruh masing-masing Polsek dilingkup Polres Minahasa untuk tetap menjalankan tugas semaksimal mungkin dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19.

” Seluruh anggota Babinkamtibmas wajib ikut pelatihan penggunaan aplikasi BLC, karenakan melalui aplikasi ini semua anggota Babinkamtibmas setiap harinya dapat secara langsung melaporkan situasi kondisi diwilayahnya, berkaitan dengan program penanganan pencegahan penyebaran covid-19 serta mengangtisipasi menghadapi potensi bibit siklon tropis 94W,” terang Moningkey.

Lebih lanjut dikatakannya, Polres Minahasa melalui satuan Binmas sudah berperan aktif dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus covid-19, seperti pembentukan 194 kampung tangguh di wilayah kabupaten Minahasa, pembagian bantuan sosial, serta selalu melakukan himbauan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

” Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan Babinsa TNI AD juga membuat posko PPKM berbasis mikro disetiap Desa. Sedangkan untuk biaya pembuatan Pos PPKM tersebut ditanggung pemerintah Desa setempat karena sudah di anggarkan dalam Dana Desa,” ungkapnya

Peran Babinkamtimas, tambah Moningkey, sangat strategis dalam mengatasi segala sesuatu yang terjadi di masyarakat, seperti cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari ini yang bisa menimbulkan bencana alam, seperti tanah longsor, angin kencang dan bahaya banjir yang di timbulkan hujan deras.

” Oleh karena itu, saya ingatkan kepada anggota Babinkamtibmas untuk selalu bersinergi dengan pemerintah Desa atau kelurahan dalam melakukan gerakan- gerakan pencegahan secara dini,” tegas Kapolres.

Ditempat yang sama, Kasat Binmas Polres Minahasa, AKP Hanny Gumerung, berpesan kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk selalu menjaga kesehatan dalam bertugas.

” Sehingga apa yang menjadi tugas pokok dapat dilakukan dengan baik dan maksimal,” kata Gumerung.

Lebih lanjut dikatakannya, sesuai data yang ada di Binmas Polres Minahasa data kampung tangguh di wilayah Polres Minahasa berjumlah 194.

” Untuk Pos PPKM berskala Mikro sebanyak 216 buah sedangkan jumlah porsonil Babinkamtibmas Polres Minahasa berjumlah 75 yang terbagi di 12 Polsek,” pungkasnya.(nes)