oleh

AARS Ikuti Vidcon, Jokowi Ingatkan Dampak Negatif Internet

Manado, Komentaren.net – Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang (AARS) mengikuti Video Conference (Vidcon) Launching Literasi Digital Nasional yang dilakukan Presiden Jokowi. AARS mendengarkan penjelasan kepala Negara dari Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis (20/05/2021).

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memandang literasi digital penting untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah untuk meningkatkan ekonomi dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Namun di sisi lain, Jokowi mengingatkan internet juga memiliki dampak negatif yang harus diwaspadai. Antara lain adalah meluasnya konten negatif yang dapat memicu konflik. Perkembangan teknologi juga menimbulkan berbagai kejahatan di ruang digital seperti penipuan hingga eksploitasi seksual pada anak.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar literasi digital nasional dapat meningkatkan konten positif di ruang digital. Sehingga perkembangan teknologi digital dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja-kerja konkrit di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” terang Jokowi.

Usai vidcon, Angouw mengatakan agar pemerintah dan masyarakat bisa melek digital, dan mampu memberi manfaat positif. Dia menegaskan, agar aparat birokrasi di pemerintahan harus secara profesional menguasai teknologi informasi digital, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (sbr/*)