oleh

82 Kasus Covid-19 di Sulut, Gowa 3 Kasus Baru, 1 Kluster Setukpa Polri

DELAPAN kasus baru positif terkonfirmasi Covid-19 bertambah di Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (13/05/2020). Akumulatif jumlah Covid-19 di daerah ini pun melonjak menjadi 82 orang. Tiga dari delapan kasus baru ini masuk dalam kluster (cluster) Gowa.    

Menurut Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel, dari delapan kasus yang bertambah ini, tersebar di enam kabupaten/kota yakni; Kota Manado, Kabupaten Minahasa,  Kabupaten Talaud, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Talaud dan Minsel yang sebelumnya nihil kasus, per 13 Mai 2020 ini akhirnya untuk pertama kalinya tercatat memiliki kasus positif Covid-19.  Kasus di Talaud seorang pasien 41 tahun dan dikategorikan dalam klaster Setukpa Polri.

Klaster Setukpa Polri berawal dari 300 siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdikpol Polri di Kota Sukabumi, Jawa Barat, dinyatakan positif reaktif setelah menjalani rapid test. Diketahui, ada 1.550 siswa yang ada di Setukpa menjalani rapid test. Dan dari jumlah tersebut, 300 siswa terindikasi positif. Pasien Covid-19 di Talaud, pelaku perjalanan dari Sukabumi Jawab barat tersebut. Sedangkan kasus perdana di Minsel, tergolong masih ‘misteri’ karena pasien  laki-laki umur 46 tahun tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan.

Sedangkan tiga kasus kluster Gowa tersebar di Minahasa (2 orang) dan satunya di Kota Manado. Kluster ini menjadi penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di daerah ini. Terdata pasien Pelaku Perjalanan ke Gowa dari 15 kasus ditambah dengan tiga kasus terbaru, secara akumulatif menjadi 18. Sejauh ini ‘baru’ 4 pasien di kluster ini yang sembuh. (sbr/vil)

Ini adalah 8 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut update per 13 Mei 2020:

  • Pasien Kasus 75, berjenis kelamin Laki-laki (41); asal Kabupaten Talaud. (Kluster Setukpa Polri).
  • Pasien Kasus 76, berjenis kelamin Laki laki (17); asal Kabupaten Minahasa (Kluster Gowa)
  • Pasien Kasus 77, berjenis kelamin Laki-laki (30); asal Kota Manado. (Kluster Gowa)
  • Pasien Kasus 78, berjenis kelamin Laki-laki (21); asal Kabupaten Minahasa. (Klaster Gowa)
  • Pasien Kasus 79, berjenis kelamin Laki-laki (44); asal Kota Manado. (Kontak Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit)
  • Pasien Kasus 80, berjenis kelamin Laki-laki (46); asal Kabupaten Minsel. (Tidak Ada Riwayat Perjalanan )
  • Pasien Kasus 81, berjenis kelamin Laki-laki (31); domisili di Kabupaten Minahasa Utara, asal Jawa Tengah. (Kontak Erat Pelaku Perjalanan dari Negara Terjangkit)
  • Pasien Kasus 82, berjenis kelamin perempuan (7); asal Kota Bitung. Terkait Kasus 37, 38, 64 (satu keluarga)