oleh

204 kasus, DBD Tertinggi di Kecamatan Pineleng

Minahasa, Komentaren.net —

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa mencatat sepanjang tahun 2022 ada 204 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Kasus DBD tertinggi berada di Kecamatan Pineleng.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Olviane Imelda Rattu, M.Si, menyebut, pada bulan Januari 2023 sudah ada 6 Kasus.

Menurut Olviane Rattu, Dinas Kesehatan telah melakukan upaya-upaya penanggulangan DBD melalui puskesmas yang ada di kabupaten Minahasa.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa berupaya memperkuat fasilitas layanan kesehatan di lingkungan masyarakat,” kata Rattu, Kamis (19/1/2023).

Pencegahan DBD , lanjut dia, dapat dilakukan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus yaitu, menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat samua tempat penampungan air, memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (Daur Ulang).

“Terlepas dari upaya penanganan kasus, penanggulangan penyakit DBD dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat di tengah masyarakat, dengan rutin membersihkan lingkungan dan rajin menguras tempat penampungan air di rumah untuk mengurangi risiko jentik nyamuk berkembang,” ia menambahkan.(nes)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *