by

Terdampar di Sangihe, Warga Latvia Diamankan Imigrasi

KOMENTAREN.NET, Tahuna – Seorang warga Latvia (Negara di kawasan Baltik, Eropa Utara) dilaporkan terdampar di Pantai Kampung Kulur, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Sangihe. Warga bernama Kardis Bardelis (34) itu berprofesi sebagai pelaut. Bardelis terdampar lebih sepekan lamanya bersama kapal pesiar kecilnya.

Keberadaan warga asing itu diketahui berkat laporan masyarakat setempat, dan kini Bardelis telah diamankan pihak Imigrasi Tahuna, Sabtu akhir pekan lalu.

Namun meski diamankan, warga asing tersebut tak bisa ditindaki melanggar aturan, sebab yang bersangkutan ternyata memliki dokumen administrasi yang lengkap. Pihak Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna membenarkannya ketika dikonfirmasi melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian, Boyke Pangabean, Selasa (12/11) kemarin.  “Kami menindak lanjuti laporan masyarkat sekaligus sudah dilakukan pemeriksaan terhadap warga Latvia, dan yang bersangkutan memiliki dokumen yang lengkap,” kata Pangabean.

Karena memiliki dokumen yang lengkap dan disesuaikan dengan regulasi yang berlaku, pihak Imirgrasi Kelas II Tahuna kata Pangabean, akan memberikan ijin tinggal kepada warga Latvia selama 30 hari ke depan sebelum menuju negara tujuan, sekaligus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

”Kami telah berkoordinasi dengan pimpinan, dan kemungkinan kepada warga Latvia itu akan diberikan ijin tinggal selama 30 hari kedepan sebelum yang bersangkutan berlayar menuju negara tujuan,” ujarnya. Sementara dari hasil pemeriksaan pihak Imigrasi, warga Latvia tersebut mengawali pelayarannya dari Papua Nugini dengan negara tujuan Vietnam, akan tetapi diperhadapkan dengan cuaca ekstrim, sehingga dia akhirnya mengalihkan arah pelayaran dan terdampar di pantai kampung Kulur. ”Tujuan pelayaran warga Latvia ini sebenarnya ke Vietnam, tapi karena faktor cuaca dan tiupan angin, ia akhirnya terdampar di pantai Kulur,”jelas Pangabean.(ver)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed