by

Sikap Sopan Santun Saat Bermain Bridge Online

Saat ini para pencinta bridge masih bisa menyalurkan hobbynya asalkan ia melek teknologi. Padahal sebagain besar kegiatan olahraga dibatalkan atau ditunda karena menghadapi pandemic covid-19.

Cukup dari HP, Tab atau komputer dan terkoneksi dengan internet bisa bermain bridge 24 jam. Ini bisa terjadi karena ada platform Bridge Base Online atau BBO yang menyediakan tempat bermain bridge secara gratis.
Setelah bisa bermain online maka ada hal-hal non teknis yang perlu diperhatikan terutama karena kita tidak bertatap muka dengan lawan.

Untuk bisa bermain biasanya kita akan buka meja kemudian mengundang siapa saya untuk ikut bergabung. Atau kita juga membuat pertandingan beregu sendiri – hal lain bisa mengikuti turnamen bridge ada yang berbayar tapi ada juga yang gratis.

Sebagai tuan rumah, penulis yakin ketika ada tamu datang kerumah. Tentu saja kita tidak akan mengkritik jika tamu tersebut melakukan kesalahan kecil saat bertamu ke rumah anda. Kebanyakan kita akan berusaha untuk mengurangi rasa malu tamu dengan berbagai cara-bahkan menyalahkan diri sendiri jika dianggap perlu.

Alangkah baiknya jika kita sebagai pemain bridge membawa cara ini saat bermain bridge online. Misalnya pasangan kita membuat kesalahan. Pasti kita melihatnya, pasangan kita juga tentu saja segera mengetahuinya, lawan atau penonton yang mungkin ada di meja kita ikut melihatnya dan tidak diragukan lagi pasangan kita merasa malu dengan kesalahannya.

Pada situasi ini, mengingatkan kesalahan pasangan bukan saja tidak perlu, tetapi juga melanggar kesopanan. Plus itu akan mencerminkan kita sendiri, karena bagaimanapun, itu adalah pasangan kita.

Jadi, Aturan # 1: Bersikaplah baik! Bersikap baik terhadap rekan, lawan, pemimpin pertandingan, dan siapa pun yang bisa Anda temukan.

Dalam permainan tatap muka, menyeringai, mendesah, muka berkerut, kedipan mata atau indikasi ketidaksenangan lainnya dapat dilihat selama permainan berlangsung.
Secara online kita akan sering melihat sesuatu seperti ini: “???????” Garis tanda tanya ini adalah versi online dari seringai, mendesah, muka berkerut , atau kedipan mata. Jangan lakukan ini. Ini tidak baik. Silakan lihat aturan # 1.

Lawan yang sopan akan selalu memastikan dia memberitahukan semua tawaran atau tawaran konvensional atau melakukan alert dan menerangkan arti dari tawaran yang dilakukan. Konvensi-konvensi ini juga harus dijelaskan ketika ditanya. Harap diingat: NAMA konvensi bukanlah penjelasan. Jadi 1S-P-2NT tidak boleh dijelaskan sebagai ‘Jacoby’ tetapi harus dijelaskan sebagai ‘fit spade dan Tanya pendek serta forcing ke game’ atau penjelasan lengkap lainnya.
Jangan menganggap semua mengetahui nama konvensi sepopuler apapun konvensi tersebut.

Berbeda dengan bermain offline, kita bisa memanfaatkan informasi yang diberikan lawan ketika ia berpikir cukup lama sebelum bid atau bermain. Hal ini tidak berlaku saat online karena bisa saja keterlambatan itu terjadi karena masalah koneksi. Hal lain bisa terjadi saat bermain online, tahu anak-anak, pasangan anda, atau telepon dapat menggangu sehingga permainan tertunda.

Jika ikut turnamen, keputusan hanya dibuat oleh pemimpin pertandingan, bukan oleh pemain di meja. Panggil pemimpin pertandingan (menggunakan tombol “Panggil PP”) pada saat terjadi masalah di meja.

Jika anda melanggar hal ini maka jika dilaporkan oleh pemain lawan maka anda tidak akan diperkenankan bermain untuk waktu tertentu tergantung besarnya kesalahan.(*)

(Oleh: Bert Toar Polii)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed