by

Pengalaman Bermain Bersama Isteri

Oleh : Bert Toar Polii

DULU suami-isteri dianjurkan tidak menjadi pasangan di meja bridge. Ini terpengaruh karena cerita lama tentang seorang isteri yang membunuh suaminya karena bertengkar di meja bridge. Bridge Table Murder Case yang terjadi tahun 1929 di Kansas City memang cerita nyata yang menyeramkan.

Tidak usah di luar negeri, di Surabaya inipun terjadi walaupun tidak terjadi pembunuhan. Pasangan suami isteri setelah bertengkar di meja bridge akhirnya saling tampar dan kemudian memilih berpisah. Akibatnya Almarhum Pur Byantara sebagai Ketua Pengprov Gabsi Jatim sempat mengeluarkan larangan dimana suami-isteri dilarang berpasangan.

Namun sepertinya saat ini sudah tidak berlaku lagi. Saat ini banyak pasangan suami-isteri dan malah prestasinya cukup mencolok. Sebut saja pasangan Lusje Bojoh dan Taufik G Asbi.

Pada latihan Mampang Bridge Online setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu malah ada cukup banyak pasangan suami-isteri yang ikut bertanding dan tenang-tenang saja. Selanjutnya penulis ingin menceriterakan pengalaman bertanding di Kejurnas Bridge 2008 di Banten.

Pertandingan Mixed Pairs Kejurnas tahun itu rasanya merupakan kali pertama dimana hampir semua pemain terbaik Indonesia tumplek. Mungkin juga karena nomor pertandingan Mixed Pair untuk pertama kali akan dipertandingkan di PON XVII maka banyak pasangan mixed yang akan terjun di arena PON memanfaatkan arena ini sebagai arena uji coba. Bayangkan di putra ada Denny Sacul, Taufik Asbi, Robert Tobing, Noldy George, Jemmy Bojoh dan Leslie Gontha sedangkan dibagian putri hampir semua pemain nasional ikut kecuali Riantini yang sedang hamil. Ada Lusje, Joice, Fera, Irne, Conny, Suci, Nana dan lain-lain. Selain mereka, Jabar, Banten, Sumbar, Kaltim, Kalbar dan Sulut memanfatkan arena ini sebagai latih tanding untuk PON.

Penulis sendiri ikut bermain bersama istri. Pengalaman bermain bersama istri pada awalnya begitu menyenangkan (sebelum kawin) tapi selanjutnya setelah kawin situasi berubah. Masing-masing mempertahankan egonya dan akhirnya pertengkaran dimeja bridge berlanjut dirumah. Untunglah setelah usia makin meningkat dimana masing-masing bisa menahan egonya sehingga akhirnya situasi seperti saat pacaran bisa terulang kembali.

Beberapa aturan telah dibuat (walaupun sering juga dilanggar) seperti jangan diskusi diatas meja, semua kesalahan wajib dicacat dan nanti didiskusikan dirumah dan terakhir buru-buru minta maaf kalau sudah salah.
Beberapa papan menarik dari arena mixed pairs.
7/S/Semua
Utara
S
H AJ9652
D A
C AK10642
Selatan
S AKQJ62
H K10
D Q1083
C 7
Utara Selatan
Tracy Bert
1S 2H
3S 4C
4H 5C
5S //
Papan ini cukup menarik untuk menjadi bahan diskusi bagaimana mencapai kontrak terbaik 7S.

Di meja penulis terjadi kesalahpahaman sehingga akhirnya hanya main 5S. Seharusnya setelah 2 over 1 maka jump suit dari opener menunjukan suit yang sangat bagus dengan maksimum 1 loser walaupun partner void diwarna tersebut. Kalau itu sudah dijanjikan maka berarti 3S adalah set trup, 4C dan 4H cue-bid partnership kita mengijinkan untuk cue-bid pertama dengan K asalkan itu warna partner. Setelah 4H maka responder tinggal bid 5NT untuk menanyakan kekuatan spade.

Jawaban bisa diatur seperti ini : 1 Step 6 kartu 1 loser, 6 kartu tdk ada loser, 7 kartu 1 loser, 7 kartu tidak ada loser.
17/U/Tidak ada S K10872
H 6
D 10853
C 876
S 9653 S 4
H J942 H AQ10873
D 7 D Q64
C AQ53 C 1094
S AQJ
H K5
D AKJ92
C KJ2
Barat Utara Timur Selatan
Tracy Bert
Pass 2H Dbl
4H Pass Dbl //

Pilihan pas untuk penalty seharusnya bukan pilihan yang tepat apalagi ada pegang 5 kartu spade. Tapi, sering sistim pertandingan Match-point atau yang lebih dikenal dengan Top-bottom mempengaruhi jalan pikiran pemain. Lawan lead DA kemudian main SA dilanjutkan spade. Setelah declarer ruff ia ke dummy dengan diamond ruff kemudian potong heart dan kalah. Lawan kembali serang spade dan sekarang kunci permainan ada di club.

Penulis yang melihat ada peluang jika selatan pegang CKJ dan tidak cover untuk itu penulis menjatuhkan angka 9 dan benar selatan tidak cover dan kontrak bikin. Cara bermain seperti ini sering tidak dijalankan dengan baik terutama para pemula.
Coba kalau kita main C10 rasanya hampir semua pemain selatan akan cover akan berbeda secara psikologis jika kita main C9 cobalah dipraktekkan.
6/TB/T S A8
H 1096
D QJ43
C A952
S Q754 S J962
H 43 H K82
D AK972 D 105
C J4 C Q763
S K103
H AQJ75
D 86
C K108

Barat Utara Timur Selatan
Tracy Bert

  • Pass 1H
    Pass 4H //

Lawan lead DA kemudian beralih serang CJ yang penulis ambil di dummy kemudian main potong heart dan setelah berhasil aku main diamond dan akan langsung klaim bikin lima. Eh ternyata pemain barat berpikir lain ia memberikan duck diamond dan membuat penulis langsung potong club ambil club Ace dan claim up dua dengan cara main double squeeze.
6/TB/T S A8
H
D Q
C 9
S Q75 S J96
H H
D K D
C C Q
S K103
H 5
D
C

Pada posisi ini penulis akan main H5 dan barat terpaksa discard spade untuk mempertahankan diamond dan dimeja kemudian penulis buang DQ yang sudah tidak berguna. Kini ancaman beralih ke barat yang harus mempertahankan club Q sebab di dummy ada pengancam C9. Akhirnya timur ikut discard S membuat declarer mendapat 3 trik dari spade.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed