by

Pemerintah Canangkan Gema Ceria di HKN Ke-55

KOMENTAREN.NET; Bolmut – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) canangkan kegiatan Gerakan Remaja Cerdas Peduli Anemia (Gema Ceria) dalam rangka Hari Kesehatan Nasonal (HKN) Ke-55 Tahun 2019. Pencanangan ini digelar pada Apel Bersama ASN di Halaman Kantor Bupati Bolmut, Jumat (1/11/2019).

Pencanangan yang dipimpin langsung Bupati Drs Hi Depri Pontoh ini ditandai Dengan Pendatangan memorandum of understanding (MOU) Antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolmut.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan pencanangan Gema Ceria ini merupakan gerakan kepatuhan terhadap remaja putri usia 12-18 Tahun untuk mengkonsumsi tablet tambah darah agar terhindar dari anemia sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Bolmut. “Selain itu upaya ini juga untuk menekan prevalensi stunting yang berada pada angka 43,8 persen tahun 2016 dan 22,4 persen pada tahun 2018 serta Kondisi anemia bagi remaja putri yang sudah menikah dan mengandung yang akan menyebabkan berkurangnya asupan oksigen ke janin  dapat beresiko berat bayi lahir rendah (BBLR) dan stunting,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bolmut ini berharap semua pihak dapat turut ambil bagian pada rangkaian kegiatan menyambut HKN ke 55 tingkat Kabupaten Bolmut. “Peran aktif semua elemen sangat diharapkan pada HKN tahun ini,” imbuhnya. 

Diketahui, dalam menyambut HKN ke 55 akan dilaksanakan kegiatan olahraga Bersama, lomba Germas, pelayanan kesehatan gratis serta melakukan Germas baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Pencanangan ini turut dihadiri Wakil Bupati Drs Hi Amin Lasena MAP, Sekretaris Daerah Dr Drs Hi Asripan Nani MSi, Tim Ahli Kesehatan Provinsi Sulut,  Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat TNI/Polri serta jajaran ASN.(RHB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed