by

Olly Kans Ketua PGI

TIGA nama kandidat Ketua Umum (Ketum) PGI (Perseketuan Gereja-gereja di Indonesia) periode 2020-2025, berhembus di persidangan majelis pekerja lengkap (MPL) gereja PGI, di Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah yang dibuka Rabu (06/11). Sedangkan Olly Dondokambey yang turut hadir pada pembukaan, memiliki kans di salah satu jabatan unsur ketua. 

Unsur ketua di PGI ada empat orang. Saat ini jabatan ketua dipegang Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, PhD (BNKP), Pdt. Dr. Bambang H. Widjaja (Gereja Kristen Perjanjian Baru), Pdt. Dr. Albertus Patty (GKI) dan Dr. Teras Narang (GKE). “Untuk periode baru nanti, Pak Olly memiliki kans masuk dalam unsur ketua,” ungkap sumber yang mendampingi Olly di kegiatan PGI tersebut. Olly yang adalah Gubernur Sulut mewakili FK-P/KB PGI sekaligus dari GMIM.

Sementara tiga nama bakal calon Ketum yang santer berhembus diarena forum sidang MPL adalah Pendeta Gomar Gultom dari sinode HKBP yang juga adalah sekretaris umum PGI. Berikut Pdt Albertus Pati dari sinode GKI, dan Pendeta Tohomi Telaumbanua dari sinode Banua Niha keriso Protesten (BNKP).

Humas PGI, Irma Riana Simanjutak yang dikonfirmasi soal ketiga nama kandidat ketua PGI itu diselah-selah acara pembukaan sidang majelis pekerja harian (MPH) dan majelis pekeeja lengkap (MPL) di GKS Waibakul, Sumba Tengah, membenarkannya.

Menurutnya, ketiga nama itu sudah diusulkan dari masing-masing sinode. Hanya saja dalam sidang MPL tidak membahas figur tetapi hanya membahas kriteria. Kriteria-kriteria tersebut selanjutnya dibahas diarena sidang raya hingga penetapannya. Proses pemilihan ketua umum PGI berlangsung di forum sidang raya PGI yang akan berlangsung di Waingapu, Sumba Timur tanggal 8-13 Nopember 2019.

Peserta sidang MPL terdiri pimpinan 90 anggota PGI dari seluruh wilayah indonesia dan anggota PGI wilayah sebanyak 28 orang. Pada sidang kali ini akan membahas berbagai isue strategis tentang perkembangan gereja PGI lima tahun ke depan. Isue tersebut tidak hanya untuk kepentingan gereja tetapi juga untuk kepentingan daerah dan bangsa indonesia lima tahun ke depan.

Sekretaris umum PGI, Pendeta Gomar Gultom mengatakan, sidang majelis pekerja harian mempersiapkan materi untuk persidangan MPL termasuk soal laporan pertanggungjawaban kegiatan lima tahun terakhir. Sedangkan sidang MPL membahas tentang evaluasi kinerja gereha selama 5 tahun terakhir, merumuskan kebijakan gereja lima tahun ke depan, merumuskan pesan gereja dan merunuskan berbagai isue atrategia lain yang sedang dihadapi gereja dan bangsa dewasa ini. (kpc/sbr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed