by

Masuki New Normal, Ojek Perlu Alat “Sekat Penumpang” Ini

MEMASUKI new normal, Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia merancang inovasi, berupa sekat plastik bagi pengemudi ojol, agar mencegah kontak dan mengurangi potensi penularan virus corona (Covid-19) dengan penumpang.

Sekat plastik itu digendong pengemudi ojol seperti tas punggung. Alat ini berperan seperti partisi agar pengemudi dan penumpang tak bersentuhan langsung.

Menurut Garda Indonesia yang dilansir cnnindonesia, inovasi ini merupakan kelanjutan dari protokol kesehatan yang telah dicetuskan buat pengemudi ojol usai menganjurkan penumpang membawa helm sendiri dan pengemudi wajib menjaga kebersihan diri.

“Garda sudah siapkan tools agar penumpang dengan driver disekat atau dipartisi, tujuannya agar driver ataupun penumpang tidak terkena droplet secara langsung,” kata Ketua Presidium Garda Indonesia Igun Wicaksono melalui pesan singkat, Selasa (02/05).

Igun mengatakan sekat itu dapat memberi rasa aman kepada penumpang, maupun pengemudi. Harapan dia semua ojol di Indonesia dapat menggunakan sekat plastik tersebut saat kembali beroperasi pada masa new normal. Seperti diketahui ojol tak bisa beroperasi di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebab fitur angkut penumpang dimatikan sementara oleh operator. Namun ada harapan fitur itu diaktifkan kembali ketika PSBB tak lagi diperpanjang yang berarti memasuki masa new normal. “Jadi kami sendiri sudah siapkan protokol menyambut new normal ini,” kata Igun. (cnn/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed