by

Manado-Tomohon-Minut Zona Berisiko Tinggi, Ini Arahan Jokowi

ADA 57 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk zona berisiko tinggi penyebaran Covid-19. Untuk Sulawesi Utara ada tiga kabupaten/kota, yakni Manado-Minut dan Tomohon. Daerah yang masih memiliki risiko tinggi ini mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi.    

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa Presiden minta untuk memberikan dukungan terhadap 57 kabupaten/kota yang masih memiliki tingkat risiko tinggi.

”Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Gugus Tugas telah melakukan zonaisasi (zonasi) terhadap daerah-daerah. Ada yang risiko tinggi, risiko sedang, risiko rendah dan juga ada daerah yang tidak terdampak serta daerah yang tidak terdapat kasus selama 1 bulan terakhir,” ungkap Ketua Gugus Tugas saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan, Senin (29/06/2020) seperti dilansir website resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Dari penekanan Presiden, Doni menyampaikan bahwa ke depan Gugus Tugas bersama dengan Gugus Tugas di tingkat provinsi memprioritaskan terhadap 57 kabupaten dengan tingkat risiko yang masih tinggi. ”Adapun penekanan Bapak Presiden di sini adalah pelibatan seluruh komponen terutama unsur TNI-Polri dalam upaya mitigasi, dalam upaya mengurangi risiko. Termasuk dibantu oleh sejumlah tokoh yang ada di daerah, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan,” imbuh Doni.

Termasuk juga, lanjut Doni, melibatkan antropolog sehingga tiap-tiap daerah itu memiliki karakteristik dan potensi yang bisa dilakukan agar semua bisa menekan laju penambahan kasus. Terkait zonasi, menurut Ketua Gugus Tugas, sangat tergantung dari tingkat kepedulian bersama dan tidak cukup hanya bupati, wali kota atau gubernurnya.

Seperti diketahui, 57 wilayah di Indonesia yang masuk ‘zona merah’ penularan corona didapatkan Gugus Tugas dari 15 indikator epidemiologis, kesehatan masyarakat, serta pelayanan kesehatan yang dihitung sejak 15 Juni sampai 20 Juni 2020. Dari faktor tersebut, mereka melakukan pembobotan dengan nilai 1-100.

“Zona risiko tinggi kurang dari 60,” ungkap Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (25/06) lalu seperti dilansir katadata.co.id. (vil/stk/ktd)

DAFTAR LOKASI ZONA RISIKO TINGGI:

Sumatera Utara: Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kota Binjai. Sumatera Selatan: Kota Palembang.

Sulawesi Utara: Kota Tomohon, Kota Manado, Minahasa Utara.

Sulawesi Tenggara: Buton

Sulawesi Selatan: Gowa dan Kota Makassar.

Papua: Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura

Nusa Tenggara barat: Kota Mataram.

Maluku Utara: Kota Ternate.

Maluku: Maluku Tengah dan Kota Ambon.

Kalimantan Tengah: Gunung Mas, Lamandau, Kota Palangkaraya, Kapuas. Kalimantan Selatan: Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Kotabaru, Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kota Banjarmasin.

Jawa Timur: Jombang, Pamekasan, Gresik, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kediri, Tuban, Lamongan, Kabupaten Mojokerto, Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

Jawa Tengah: Kota Semarang, Kota Magelang, Demak, dan Kabupaten Semarang. Gorontalo: Kota Gorontalo dan Bone Belango.

DKI Jakarta: Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Banten: Kota Tangerang Selatan.

Bali: Kabupaten Karangasem dan Kota Denpasar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed