by

Gubernur Olly Imbau ASN Belanja Kebutuhan Harian di Warung

PANDEMI Corona berdampak signifikan secara ekonomi bagi masyarakat Sulawesi Utara, terutama para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Kalangan UMKM perputaran ekonominya sangat bergantung pada lalu lintas barang, jasa dan manusia yang justru sedang mengalami masa keterbatasan pergerakan.

Hal ini berakibat pada menurunnya produktivitas pada seluruh elemen usaha, termasuk UMKM dimana usahanya banyak yang hampir tutup, bahkan sudah tutup di tengah pandemi Covid-19 ini.

Berangkat dari keterpurukan UMKM ini, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengajak kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan masyarakat, agar bisa membantu dengan berbelanja pada pelaku UMKM.

“Kami meminta agar bapak/ibu, bupati dan walikota se Sulut agar bisa mengimbaunya,” ungkap Gubernur Olly lewat surat himbauan tertanggal 4 Mei 2020 yang ditujukan kepada para kepala daerah di kabupaten/kota se Sulut.

Dalam surat itu, Gubernur meminta agar dihimbaukan kepada masyarakat dan ASN dan keluarga di lingkup pemerintahan daerah, agar dalam membeli dan berbelanja kebutuhan sehari-hari di warung, kios tetangga terdekat dan produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM.

Secara terpisah, pemilik warung, Max Waani mengaku pendapatan jualannya merosot signifikan akibat pandemi ini. “Kalau biasanya sehari-hari bisa dapat Rp500 ribu (pendapatan kotor, red), sekarang ini untuk capai Rp100 ribu saja sangat sulit,” akunya.

Dia mengatakan, tren pembeli sekarang hanya membeli untuk kebutuhan memasak makanan. “Malah banyak yang membeli dan memohon bisa bautang (mengutang, red),” katanya. Dikatakannya, jika tren pemasukan terus merosot, mau tak mau usahanya itu akan ditutupnya. “Kalau terus begini, terpaksa akan tutup,” pungkasnya. (vil/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed