by

Digaungkan Ibu Rita, Ini Panduan Budidaya Akuaponik

KETUA Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara, Ny Rita Dondokambey-Tamuntuan mengajak kader PKK untuk melirik Akuaponik. Hal itu disampaikan istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam webinar belum lama ini. Lalu seperti apa Akuaponik?  

Seperti dilansir jirifarm.com menyebut,  Akuponik adalah sistem budidaya ikan (akuakultur ) dan tanaman (hidroponik) bersama dalam sebuah  ekosistem yang resirkulasi/saling menguntungkan, yang menggunakan bakteri alami untuk mengubah kotoran dan sisa pakan ikan menjadi nutrisi tanaman.

Simpelnya, akuaponik adalah sistem dimana tanaman dan ikan bertumbuh bersama. Dengan  menggabungkan kedua sistem tersebut, terjadi daur ulang sehingga limbah dari  sistem akuakultur merupakan input sistem hidroponik.  Dengan menggabungkan akuakultur menjadi akuaponik, limbah yang dibuang ke alam menjadi sangat minimal.Sehingga boleh dikatakan sistem akuaponik adalah sistem yang ramah lingkungan.

Mengapa harus akuaponik ?

Pada sistem aquaponik, nutrisi hidroponik yang harganya cukup mahal sudah tergantikan dengan kotoran ikan sebagai nutrisi bagi tanaman. Perawatan akuaponik sangat mudah dan produktif serta dapat menghasilkan sayuran dan ikan.

Akuaponik adalah organic. Dalam akuaponik adalah ekosistem alami dimana kita tergantung bakteri dan cacing untuk mengubah ammonia dan sisa pakan ikan menjadi nutrisi sayuran. Ini adalah proses organic. Tidak mempergunakan pestisida, karena ikan akan terpengaruh bahkan mati jika kena pestisida. Lebih jelasnya lihat gambar yang ada. (vil/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed