by

Bakal Buka Pendaftaran Panwascam, Bawaslu Minahasa Ajak Masyarakat Berperan Kawal Pilkada 2020

KOMENTAREN.NET, Tondano – Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa mengajak masyarakat untuk menguatkan program pengawasan pesta demokrasi Pilkada 2020 lewat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Anggota Bawaslu Minahasa Donny Rumagit SPd mengatakan, peran masyarakat sangat membantu dalam keberhasilan pesta demokrasi tersebut. Tugas Bawaslu pun ikut terbantu lewat peran serta masyarakat.

“Bawaslu Minahasa butuh masyarakat untuk menjaga demokrasi. Untuk itu, kami akan melaksanakan rekrutmen untuk menjadi Pengawas Kecamatan. Bagi yang berminat untuk segera mempersiapkan diri. Untuk waktu pendaftaran dan syaratnya akan diumumkan kemudian,” tukas Rumagit kepada komentaren.net, Jumat (01/11/2019).

Di sisi lain, Bawaslu Minahasa akan meningkatkan sosialisasi untuk menggugah lebih banyak lagi masyarakat menjadi pengawal jalannya pesta demokrasi. Pendekatan itu untuk memberikan pemahaman soal aturan, teknis, larangan, dan bagaimana cara mengawasi pemilu.

“Masyarakat juga bisa datang ke kantor (Bawaslu Minahasa) untuk belajar dan mencari data di pojok pengawasan,” terangnya.

Ia menjelaskan, pengawalan tersebut perlu dilakukan agar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah ini berjalan sesuai peraturan perundang-undangan. “Maka dari itu, masyarakat harus tahu jadwal tahapan-tahapan yang sudah dikeluarkan sesuai dengan PKPU Nomor 15 tahun 2019,” ujarnya.

Sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2019, mulai 1 November 2019, penyelenggara pemilu sudah mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Rumagit menegaskan, Bawaslu Minahasa berusaha memasuki ruang-ruang publik lewat pertemuan tatap muka guna memungkinkan persamaan cara pandang antara pengawas dan pemilih. Sehingga, masyarakat mendapatkan konfirmasi atau jawaban atas pertanyaan pemilih.

“Sosialisasi tatap muka akan terus kita laksanakan di beberapa titik (lokasi). Agar masyarakat bisa meminta klarifikasi dari pengawas,” pungkasnya.(bil)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed