by

AIS-SBS di Sulut Pikat 17 Investor China

PERTEMUAN pejabat tinggi setingkat menteri dalam forum Negara-negara Kepulauan dan Pulau pada iven Archipelagic & Island States dan Startup and Business Summit (AIS-SBS) 2019 di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), memikat kalangan investor khususnya China untuk datang.

Bahkan tak hanya hadir dalam iven internasional yang akan dibuka Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan Kamis (31/10/2019) ini, namun para investor akan langsung action menandatangani kerjasama investasi.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) mengungkapkan, ada 17 investor China yang tertarik berinvestasi dan menunjukkan komitmennya lewat penandatanganan investasi di acara pembukaan AIS-SBS 2019.

Menurut OD investasi asing itu bergerak di bidang industri dengan estimasi tenaga kerja yang bisa diserap mencapai ribuan orang. “Jika ada 17 industri nanti, perkiraannya akan menyerap tenaga kerja sebanyak 5.000 orang,” ungkap OD.

Pertemuan Forum Negara Kepulauan sendiri sudah yang kedua kalinya digelar di Sulut. Forum AIS pertama dilaksanakan November 2018 silam, dimana pada saat itu ada 20 negara kepulauan yang meneken “Deklarasi Manado” untuk bekerjasama dalam ekonomi kelautan serta mencari solusi terkait masalah perubahan iklim.

Forum AIS nantinya akan berlanjut sampai 2020, dimana pada tahun depan direncanakan akan digelar high level meeting AIS yang keanggotaanya berjumlah lebih dari 40 negara di dunia.

“Kalau ini (Forum AIS 2019) sukses, maka pada tahun depan 41 kepala negara yang akan datang,” tukas OD. (mon/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed