by

Siapa Paslon Koalisi Besar Nasdem di Pilgub Sulut?

MENARIK ditunggu pasangan calon (paslon) Nasdem yang akan diusung di Pilgub Sulut 2020 untuk menantang petahana dari PDIP, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK).

Petinggi Nasdem yang juga Kompelwil Sulut, Felly Runtuwene menyatakan, ada rencana koalisi besar yang sedang dijajaki partainya untuk Pilkada Sulut 2020. Partai yang akan dilibatkan dalam koalisi, yakni Golkar-PAN dan PKS.

“Koalisi Besar nanti ada empat parpol yakni Partai NasDem Partai Golkar, PAN dan PKS. Hampir pasti kami berkoalisi. Tapi ini poltiik, bisa berubah setiap saat. Tunggu saja,” tandas Runtuwene yang juga ketua Komisi IX DPR-RI itu.

Lalu siapa paslon yang berpotensi diusung Nasdem? Dengan adanya Golkar dalam koalisi, nama Tetty Paruntu disebut-sebut akan dinominasikan. Sumber di Nasdem menyebut, Tetty kemungkinan diduetkan dengan Vicky GS Lumentut (GSVL) atau Elly Engelbert Lasut (E2L). “Kans duet dua paslon ini fifty-fifty,” ungkap sumber.

Sedangkan kombinasi lainnya yang berpotensi diusung adalah Vonnie A. Panambunan (VAP). Jika pilihan jatuh pada VAP, kata sumber, kombinasi lebih condong pada papan dua dari Bolmong Raya yakni Rachmat Mokodongan (VAP-Mokodongan) atau VAP-Sehan Lanjdar. “Tapi kemungkinan besar VAP-Mokodongan.”

Yang pasti, Nasdem saat ini sudah dikejar waktu untuk segera menetapkan paslonnya. Menurut Felly Runtuwene, keputusan akan dilakukan dalam waktu dekat. “Tunggu satu-dua minggu lagi Pasangan yang diusung di Pilgub akan ditetapkan disusul oleh kandidat di Kabupaten/Kota,” tukasnya.

Sebelumnya, orang nomor satu di Nasdem, Surya Paloh telah menemui Ketum Golkar Airlangga di Jakarta. Pembicaraan kedua elit nasional ini turut membahas rencana koalisi di Pilgub Sulut. “Kalau Nasdem-Golkar, tentunya condong GSVL-Tetty atau Elly-Tetty,” ungkap sumber.

Menariknya, pasca pertemuan Paloh dan Airlangga, Elly Lasut yang baru saja dilantik sebagai Bupati Talaud, telah mendirikan sekretariat pemenangan di Manado. (mon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed