by

Bongkar Jaringan Mother Cyber Crime, DPR Apresiasi Tim Pitra Ratulangi

TIM Jogoboyo Ditreskrimum Polda Jawa Timur yang dipimpin Kombes Pol Pitra Ratulangi SIK, berhasil membongkar kejahatan dunia maya kelas kakap jaringan “The Mother of Cyber Crime”. Jaringan cyber crime ini telah melakukan berbagai pencurian data kependudukan sejumlah warga untuk melakukan registrasi simcard perdana dengan tujuan kejahatan online perbankan, ojek fiktif, menyebar hoax dan berbagai ilegal akses.

Keberhasilan Tim Jogoboyo ini mendapat apresiasi dari Komisi III DPR RI, yang disampaikan langsung Arteria Dahlan. Tim Jogoboyo Ditreskrimum Polda Jatim sendiri telah menyita alat modem pool registrasi illegal dan 80 ribuan simcard bodong.”Kami beri apresiasi atas pengungkapan kasus ini,” ungkap Anggota Komisi III DPR RI , Arteria Dahlan didampingi  Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Dirreskrimum Kombes Pitra Ratulangi, Kabid Humas Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kasubdit Jatanras Kompol Oki Ahadian P, kepada awak media, Kamis (05/03/2020).

ldentitas tersangka dalam kasus kejahatan cyber ini MZ Bin MF (35), yang berperan membuat serta melakukan order fiktif. Tersangka inisial NS Bin MH (27)  berperan menyuplai kartu kartu perdana Axis, Hallo, Indosat, XL yang sudah terigestrasi.

Tersangka NF Bin DR (27)  berperan menyuplai kartu perdana Axis yang sudah terigestrasi dan juga melakukan registrasi kartu perdana XL dan Telkomsel dengan mengunakan No KK dan NIK milik orang lain. Tersangka MN Bin MS ( 35) berperan sebagai yang melakukan registrasi kartu perdana Axis dengan mengunakan No KK dan NIK milik orang Iain. Tersangka RS (37)  Berperan sebagai yang menyediakan akun driver, sedangkan tersangka FSP Bin YSP TTL (19) berperan sebagai penjual akun resto. Dengan terbongkarnya kasus ini oleh Pitra Ratulangi dkk, sindikat manipulasi akun dan transaksi ojek online berhasil dituntaskan. (sbr/*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed