by

Kaitjily: Festival Bunaken 2020 akan Lebih Meriah

LESUNYA dunia pariwisata akibat corona, tak membuat Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Dispar Sulut) yang dinakhodai Henry Kaitjily berpasrah diri. Upaya untuk menggairahkan sektor yang menjadi unggulan di Bumi Nyiur Melambai ini terus digenjot. Iven wisata di Sulut yang masuk 100 Indonesia Calendar Event dipersiapkan secara matang. Salah satunya, pelaksanaan Festival Bunaken 2020 yang akan dihelat September mendatang.  

Hal ini mengemuka ketika Kadis Pariwisata Henry Kaitjily bersama Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata, Dino Gobel melakukan rapat, Rabu (04/03/2020) sore hingga malam lalu. Rapat yang berlangsung di ruang kerja Kadispar Sulut itu turut menghadirkan Ketua DPD ASITA Sulut, Merry Karouwan II dan Pelaksana Harian ASITA Sulut, Steven Limonge.

“Pertemuan ini membahas sejumlah program kepariwisataan, termasuk di antaranya terkait kesiapan pelaksanaan Festival Bunaken 2020 yang akan dilaksanakan bulan September nanti,” ungkap Dino Gobel kepada Komentaren.

Menurutnya, festival yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, salah satu kegiatannya adalah pameran wisata atau North Sulawesi Tourism Travel Fair. Pihak Dispar Sulut dan ASITA sepakat menyukseskan gelaran even wisata yang juga masuk dalam 100 Indonesia calendar of Event.

“Kami siap melaksanakan even ini. Salut untuk Pak Kadis Henry yang sejak empat bulan dipercayakan Pak Gubernur memimpin Dinas ini. Kolaborasi dengan asosiasi industry, khususnya ASITA sangat diutamakan. Semoga ini akan semakin memajukan sektor pariwisata yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan daerah,” ujar Merry Karouwan.

Kadispar Henry Kaitjily memastikan, Festival Bunaken 2020 akan dibuat lebih meriah dengan melibatkan peran masyarakat dan asosiasi industri lainnya. Misalnya kegiatan Bunaken Sailing Pass bersama Lantamal TNI AL bersama masyarakat dan anak anak sekolah, serta mahasiswa di pesisir Boulevard dan pengusaha diving center di Pulau Bunaken, hingga iven kuliner dengan asosissi Chef Indonesia DPD Sulut.

“Itu sebabnya acara ini kami siapkan jauh hari sebelumnya. Bukan tiba saat tiba akal,” kata Kadis Henry. Dia menekankan, pembenahan pelaksanaan Festival Bunaken tahun 2020 ini, akan difokuskan menjadi iven wisata andalan Sulut. “Ini dilakukan untuk semakin memperkokoh diri Sulawesi Utara sebagai provinsi destinasi wisata dunia di bibir Pasifik yang telah diwujudlan Gubernur Bapak Olly Dondokambey dan Wagub Bapak Steven Kandouw (ODSK),” tandas Kaitjily. (sbr/ist)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed