by

KPU Sulut Hadiri Rakor Kehumasan PIP se-Indonesia

KO?ISI Pemilihan Umum (KPU) Sulut, diwakili oleh Ketua Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Sulut, Salman Saelangi, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan dan Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Se-Indonesia, di Jakarta baru-baru ini.

Acara yang dibuka oleh Komisioner KPU RI, Viryan Aziz dalam sambutannya Viryan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan informasi publik dan memformulasikan strategi kehumasan di masa mendatang untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi publik.

“Selain itu, kegiatan juga menyampaikan penghargaan karya jurnalistik untuk media dan penghargaaan pelayanan informasi publik di lingkungan KPU,”ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa Hoax berkembang karena tingkat pengetahuan masyarakat tentang Pemilu masih rendah, seluruh perangkat KPU tidak boleh membiarkan Hoaks berkembang, karena akan menjadi pemicu konflik.

“Dengan perkembangan media sosial yang semakin luar biasa dan pengetahuan masyarakat tentang pemilu masih sangat minim, maka KPU perlu memberi perhatian khusus tentang penyelesaian hoaks yang beredar dimasyarakat lewat media sosial,”jelasnya.

Ia juga menghimbau jajaran KPU Provinsi se Indonesia, untuk bersama memotong hoax yang beredar dengan menyampaikan informasi publik sedetail dan sesegera mungkin disaat issue tersebut mulai beredar dan tentunya KPU jangan pernah bosan untuk terus mengedukasi masyarakat dari tingkat bawah sampai tingkat atas tentang Pemilu.

“Untuk memberikan literasi dan informasi publik tersebut KPU melakukan peluncuran e-PPID, dengan harapan Publik semakin mudah mengakses informasi kepemiluan”pungkasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi mengatakan, sangat penting bagi seluruh perangkat KPU untuk terlebih dahulu menguasai dengan benar semua data ataupun informasi tentang Pemilu dengan begitu KPU akan dapat memberi informasi yang tepat dan benar kepada masyarakat.

“Ini sangat penting bagi semua perangkat KPU mengikuti Rakor tersebut. Agar lebih menguasasi benar informasi Pemilu dan memberikan data serta informasi yang tepat bagi masyarakat,”tukasnya.

Hadir mewakili KPU Provinsi Sulawesi Utara Ketua Divisi Sosdiklih Salman Saelangi bersama staf KPU Provinsi Sulawesi Utara, Fachrudin Lauma dan Steify Latuserimala selaku operator PPID.(vil)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed