by

Diknas Diminta Pemerataan Zona Pendaftaran Siswa SMP

KOMENTAREN.NET, Bolmong – Memasuki tahun ajaran baru, pihak sekolah baik Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU), Juli  mendatang mulai membuka pendaftaran siswa baru. Dapat diperkirakan, dalam proses pendaftaran yang dilakukan oleh pihak sekolah tidak seimbang. 

Seperti halnya di Sekolah Menegah Pertama (SMP), banyaknya bangunan gedung pendidikan sekolah, mengharuskan pemerataan dalam penanganan jumlah siswa yang mendaftar. Tidak menutup kemungkinan, akan ada sekolah yang sangat minim pendaftarnya. Maka diperlukan peran dari Dinas Pendidikan dalam menetapkan zona pendaftar pada satu sekolah. 

Diketahui, dipesisir Pantai Utara Bolaang Mongondow, Kecamatan Bolaang Bersatu, berdiri 5 (lima) gedung SMP Negeri yang menerima siswa untuk tahun ajaran terbaru yang terdiri dari, SMPN 1 di Inobonto, SMPN 2 di Komangaan, SMPN 3 di Tadoy, SMP 4 di Solimandungan I dan SMP 5 di Langagon. Ada juga Madrasah Tsanawiah Kelurahan Inobonto dibawah naungan kementerian Agama. 

Salah satunya yang dikunjungi, Kamis (27/6/2019) kemarin, SMP Negeri 4 Bolaang. Dari penuturan Kepala Sekolah Darmawan Datunsolang, pihaknya setiap tahun ajaran sangat minim siswa yang mendaftar. “Pendaftarannya memang belum di buka, nanti Juli mendatang. Tapi kenyataannya memang demikian, setiap tahunnya jumlah pendaftarnya bisa dipastikan kurang,” kata Darmawan.

Dalam penuturannya, untuk pendaftarannya, pembagian zonanya belum ditegaskan dengan baik. “Tergantung juga dari kemauan orang tua siswa. Tapi kalau ada ketegasan dari Diknas terkait dengan ini, saya rasa akan sesuai dengan harapan pihak sekolah jumlah siswa akan mengalami peningkatan pesat,” kata Darmawan. 

Dia juga mengharapkan untuk penerimaan tahun ini mengalami perubahan yang baik untuk sekolahnya. “Meskipun belum membuka pendaftaran, tapi orang tua siswa yang ada disekitar sini sudah mulai mendaftar. Kami sudah menampunya juga. Nanti kita akan melihat kedepannya bagaimana apa ada kemajuan atau tidak,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmong Renti Mokoginta saat dikonfirmasi via WA  mengatakan Pemerintah Kabupaten Bolmong dalam hal ini Dinas Pendidikan sejauh ini masih memberlakukan zona pendaftaran tersebut. “Kita di Bolmong ini, penyebaran sekolah-sekolah baik SD dan SMP merata sehingga penyebaran siswanya juga merata,” ungkap Renti.  

Terkait dengan hal tersebut juga, pihaknya akan kembali menegaskan kepada pihak sekolah untuk terus memberlakukan proses penerimaan siswa sesuai dengan zona yang telah ditentukan. “Iya. Tahun ini akan kami tegaskan lagi ke pihak-pihak sekolah,” jelas Renti. (can)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed